Sarjana Manajemen

JAN
25

Kegiatan Sosialisasi Kurikulum CRISDA

Rabu, 25 Januari 2023     Dilihat: 1772

SOSIALISASI KURIKULUM CRISDA

Kampus Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Kamis, 8 Desember 2022

Pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas mengharuskan semua lembaga menerapkan sistem dan penjaminan mutu yang tepat dalam proses pembelajaran. Lulus perguruan tinggi kini tidak hanya perlu cepat berintegrasi ke dalam Dunia Usaha dan Industri (DUDI), tetapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan perkembangan di masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan yang erat (link and match) antara dunia pendidikan dan Industri, Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA).

Universitas Hayam Wuruk Perbanas memiliki visi “Menjadi perguruan Tinggi terkemuka, unggul dan berwawasan global yang mengontribusikan lulusan dan ilmu pengetahuan bagi daya saing bangsa”. dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai salah satu Fakultas yang ada memiliki visi Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis terkemuka yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang bisnis dan perbankan berbasis teknologi yang berwawasan global untuk mencapai visi tersebut, semua program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengembangkan kurikulum yang inovatif, menyesuaikan dengan perubahan (adaptif) dan mampu berkolaborasi dengan mitra baik itu mitra dari industri maupun mitra dengan Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri agar lulusannya mempunyai keunggulan kompetitif.
Sebagai respon atas kebijakan Menteri Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Rektor Universitas Hayam Wuruk Perbanas mengeluarkan Peraturan No. 0057/kp.10000/09/2021 tentang Kebijakan Kurikulum dalam rangka implementasi MBKM di Universitas Hayam Wuruk Perbanas yang menjadi acuan bagi semua program studi. Program Studi Manajemen yang berada di bawah naungan Fakultas
Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu program studi yang memiliki kurikulum terakhir dilakukan perbaikan pada tahun 2019. Dalam kurikulum tersebut capaian pembelajaran program studi adalah lulusan mampu mengelola bisnis dengan menjalankan fungsi manajemen (yakni planning, organizing, staffing, leading, dan controlling) yang didasarkan pada prinsip manajemen (misalnya division of work) dan kaidah organisasi (misalnya metode penyusutan aset). Capaian pembelajaran tersebut didasarkan pada profil lulusan program studi manajemen yang kebanyakan bekerja menjadi staf atau asisten manajer dibank dan asuransi, staf di perusahaan serta entrepreneur.

Berbagai kendala program studi dalam penerapan kebijakan pemerintah melalui program MBKM menuntut prodi untuk melakukan perubahan kurikulum yang sesuai kebijakan program MBKM tersebut, membuat pedoman dan panduan implementasi MBKM, serta memperluas jaringan kerja sama dengan PT dalam negeri dan luar negeri serta kerja sama
dengan Mitra Industri. Kondisi saat ini program studi manajemen adalah (1) Kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis dan kreatif masih kurang sehingga di dalam kelas mahasiswa bersifat pasif. (2) Mahasiswa sudah mengikuti kegiatan di luar kampus namun belum optimal dalam membentuk karakter yang kuat seperti yang diharapkan yaitu tangguh, ulet dan mampu bekerja keras. (3) Program studi Manajemen telah memiliki kerja sama dengan beberapa universitas yang bertaraf internasional, namun belum dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan Tri Dharma secara optimal.

Berdasarkan kondisi eksisting di atas, maka kegiatan yang diajukan adalah Pengembangan Kurikulum CRISDA (Critical Thinking, Strong Character, and Dare to Make Technological Improvements) Menuju Program Studi Unggulan.

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini