Pejabat Struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

OKT
19

KULIAH UMUM WAWASAN KEBANGSAAN DAN KEWIRAUSAHAAN UHWP OLEH BAPAK IR. H. A.A. LANYALLA MAHMUD MATTALITTI

Rabu, 19 Oktober 2022     Dilihat: 2154

UHWNEWS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya kembali menggelar kuliah tamu dengan tema Wawasan Kebangsaan dan Kewirausahaan Universitas Hayam Wuruk Perbanas .

Kuliah tamu ini menghadirkan Narasumber Ir. H. A.A. Lanyalla Mahmud Mattaliti Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Pemikirannya mengenai gagasan untuk menata ulang arah perjalnan bangsa dituangkan dalam buku “Peta Jalan Mengembalikan Kedaulatan dan Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat”.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh Segenap Pimpinan Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rabu 19 Oktober 2022.

Dalam penyampaian materi ada beberapa poin yang beliau sampaikan yaitu bangsa ini tidak boleh hanya menjadi host untuk investor asing dengan hanya mengeluarkan izin semata. Pemerintah harus bisa mengelola kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kesejahteraan masyarakat. Saat ini posisi negara sudah tidak lagi menguasai secara mutlak bumi air dan kekayaan alam. Negara hanya berfungsi layaknya host, hanya sebagai pemberi izin atas konsensi-konsensi yang diberikan saham dengan swasta asing. Padahal, negara dengan keunggulan komparatif Sumber Daya Alam (SDA) seperti Indonesia, seharusnya lebih mengutamakan Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP. Kondisi sekarang sangat ironi, hal ini dikarenakan sebagai negara dengan kekayaan Sumber Daya Alam di bumi dan di laut, rakyatnya semakin banyak yang miskin dan rentan menjadi miskin. Maka dari itu, bangsa ini harus mengingat dan membaca kembali pikiran pendiri bangsa tentang Sistem Demokrasi dan Sistem Ekonomi yang paling sesuai dengan bangsa yang super majemuk dan bangsa yang kaya akan Sumber Daya Alam.

Selain menyampaikan materi, beliau juga memberikan pesan kepada mahasiswa yang berisi “Mari kita bersama-sama suarakan sampai di warung kopi, sudah waktunya kembalikan UUD 1945 sesuai naskah asli kemudian di addendum agar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia TERBUKTI”. (Fino/FEB)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini