Kegiatan Webinar Seri Magister Manajemen II Membangun Pengalaman Positif Karyawan Ditempat Kerja Melalui Job Crafting
Kegiatan Webinar Seri Magister Manajemen II Membangun Pengalaman Positif Karyawan Ditempat Kerja Melalui Job Crafting
Pada kali ini kegiatan Webinar Seri Manajemen ini Program Studi Magister Manajemen yang merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas. Selain itu point penting dari webinar kali ini yaitu Membangun Pengalaman Positif Karyawan Ditempat Kerja Melalui Job Crafting. Dalam acara kali ini dihadiri oleh narasumber kita yaitu Dr. Tjahjani Prawito, M.M., Psikolog dan Dr. Emma Julianti, S.E., M.M sekaligus Dosen Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Hayam Wuruk Perbanas. Dr.Ronny, S.Kom.,M.Kom sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Vega Hardikasari sebagai moderator sekaligus mahasiswi penerima beasiswa prestasi magister manajemen Universitas Hayam Wuruk Perbanas pada tahun 2020, dan peserta dari dalam maupun luar kampus yang sangat berantusias.
Adapun materi yang disampaikan terkait Membangun Pengalaman Positif Karyawan Ditempat Kerja Melalui Job Crafting adalah Perilaku aktif dimana karyawan melakukan perubahan secara fisik dan atau kognitif tugastugas atau hubungan pribadi dalam lingkungan pekerjaan. Aktivitas yang dilakukan karyawan untuk mengubah pekerjaan dalam rangka meningkatkan diri; dapat bersifat prosedural (fisik / prosedur) atau social dan kognitif. Manfaat Job Crafting yaitu Aktivitas yang dilakukan karyawan untuk mengubah pekerjaan dalam rangka meningkatkan diri; dapat bersifat prosedural (fisik / prosedur) atau social dan kognitif. Model Identittas Pekerjaan (The job identity model) menjelaskan bahwa JC merupakan hasil dari 3 perilaku proaktif karyawan yang meliputi: task crafting, relational crafting, dan cognitive crafting (Wrzesniewski & Dutton, 2001 dalam de genarro, 2019). Strategi Mengembangkan Job Crafting di Tempat Kerja yaitu Karyawan sebagai inisiator dan organisasi sebagai fasilitator dan memberikan dukungan. job crafting merupakan sebuah proses sepanjang waktu, bukan aktivitas yang dilakukan pada satu waktu saja. jc akan efektif jika karyawan diberikan ruang, kesempatan dan dorongan agar tertarik untuk melaksanakan jc dalam rangka melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan lebih baik. rubahlah pekerjaan yang anda miliki menjadi pekerjaan yang anda cintai. jika anda tidak dapat melakukan pekerjaan yang anda cintai setidaknya cobalah untuk mencintai pekerjaan yang anda lakukan.
Tujuan dan Manfaat Pengelolaan Pengalaman Karyawan yaitu bisa membangun SDM yang berorientasi pada layanan prima. Pengalaman karyawan bukan tentang fasilitas khusus seperti kebijakan kerja yang fleksibel, paket tunjangan dengan berbagai pilihan menarik bagi karyawan, tetapi merupakan kesan karyawan terkait dengan bagaimana upaya organisasi dalam memnuhi kebutuhan, keinginan dan harapan karyawan. Dan juga kesan tentang perjalanan kehidupan kerja karyawan di organisasi, mencakup semua interaksi karyawan dengan organisasi. Sebelum, selama dan setelah masa berkarir karyawan. Manajemen perusahaan menilai pengalaman karyawan sebagai hal yang penting. Tetapi hanya 22% yang sangat baik dalam membangun pengalaman karyawan. Karyawan dengan pengalaman positih 52% peningkatan retensi karyawan. 60% lebih karyawan ingin tetap tinggal diperusahaan. 69% menjadi berkinerja lebih tinggi. Sebagai karyawan baru mereka ingin mempelajari dan memahami buday aperusahaan agar mengerti dimana dan bagaimana untuk menyesuaikan diri dnegan komunitas, memulai dengan mudah sehingga dapat focus pada tim baru dan perannya,dari pada focus pada masalah system dan alat kerja. Dan sebagai karyawan juga ingin menghasilkan ide istimewa untuk produk atau jasa baru, memfokuskan perhatian terhadap ketbutuhan pelanggan, meningkatkan kinerja untuk membantu pertumbuhan pendapatan organisasi, dan tidak terjadi kesalahan kerja, kecelakaan kerja, dan mencapai kinerja yang unggul. Sebagai mantan karyawan juga ingin menceritakan hal-hal baik perusahaan kepada orang lain, membela jika ada yang menjelekkan citra perusahaan atau organisasi, merekomendasikan orang lain untuk berkerja di perusahaan, mengingat semua kenangan manis selama di perusahaan sebagai bagian dari sejarah hdiup yang penuh makna. (Moonsyaa)